Tahu Bedanya: Kemeja Tucked-in vs Untucked

Tahu Bedanya: Kemeja Tucked-in vs Untucked

Gents tau ga sih? Kalau Kemeja pertama dibuat hanya untuk baju daleman, jadi pasti harus pake jas atau jaket untuk luaran! Bahkan kemeja dulu fittingnya sangat besar dan tidak ada kancingnya, kancing baru mulai ada puluhan tahun setelah kemeja ditemukan di tahun 1871. Seiring berkembangnya zaman, kemeja mulai lebih rapih karena sering dipakai tanpa luaran, jadi fittingnya lebih slim fit, lebih banyak warna-warna unik, dan memakai bahan-bahan yang bervariasi.

Kalo sekarang, Gents pasti udah pada tau kalau kemeja adalah salah satu essential items untuk pria diseluruh dunia. Bisa dibilang Kemeja tuh baju paling versatile yang bisa dipakai untuk segala situasi, baik itu untuk santai-santai, jalan-jalan, kerja, ataupun acara formal. Tapi sadar gak sih ? saat ini kemeja formal memiliki beragam model dan fit yang berbeda. Nah, di kemeja sendiri ada 2 jenis perbedaan dasar yang kadang suka diacuhkan, yuk kita bahas perbedaannya, biar styling kemeja para Gents terlihat tepat dan elegan!  2 perbedaan nya yaitu ada yang harusnya di tucked in (dimasukkan kedalam celana) dan untucked (tidak dimasukkan kedalam celana)

Kalau kemeja yang harusnya di Untucked biasanya tuh bagian bawah kemeja berbentuk kotak atau flat, contohnya kayak Shaqa Pique Shirt! Kemeja ini mempunyai flat hem yang cocok banget untuk dipakai lebih santai karena ga harus di masukan kedalam celana! Kita juga bisa tahu kalau kemeja itu harusnya Untucked bila kemeja itu cuttingan nya lebih pendek atau jatuh di dekat pinggang kita.

Shaqa Pique shirt emang cocok banget untuk outfit casual para Gents, apalagi bahan nya terbuat dari 100% cotton pique, dimana bahan nya tuh tebel dan ga gampang lecek!

Nah, sekarang boleh bahas yang Tucked in ya, gampangnya, kemeja tipe ini punya cuttingan yang lebih Panjang, biasanya jatuh di paha kita. Dan kelihatannya kayak ada “ekornya” di bagian bawah. Tujuan cuttingan lebih Panjang dari kemeja tipe ini adalah biar gampang buat kita masukkan ke celana untuk look yang lebih rapih dan proper.  Contohnya kayak Barry Shirt dari Smith Berlin! Kalau yang ini bahan nya 100% Cotton Oxford yang adem tapi gak menerawang.

Kelihatan kan, kalau kemeja Barry tuh emang cocok banget untuk looks Tucked In, pastinya lebih rapih dan ok banget untuk ke acara formal atau untuk pergi kerja. Gimana nih Gents? Kira-kira udah jelas belom perbedaannya? Tapi ingat ya, ini hanya tips-tips aja dari Smith, Gents boleh banget explore cara berpakaian, karena sebenernya emang fashion tuh gaada aturan nya kok! Just Enjoy it! Tapi kalau yang udah pasti adalah mau apapun looks yang Gents pengen coba, Opsi dari Smith Berlin gapernah salah! Langsung aja cek ke laman shop kita untuk cek Shaqa Pique Shirt dan Barry Shirt!

Back to blog

Leave a comment

Get Yours Now